Minggu, 06 Februari 2011

Silabus dan RPP bhs daerah kelas V



      


      



Nama Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas/Semester : V ( lima) / II (dua)
Alokasi waktu : 10 X 35 menit
Tema : Indah dan Kayanya Laut Kita

I. Standar Kompetensi :

7. Membaca : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.
8. Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

II. Kompetensi Dasar
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai.
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat.5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

III. Materi Pokok/Pembelajaran
Bacaan daftar menu makanan
Contoh laporan hasil pengamatan “Membuat Susu kedelai”
Teks yang diperdengarkan “Abu Nawas Tidak Bisa Kehujanan”

IV. Kegiatan Pembelajaran
Membaca:
Bertanya jawab tentang makanan.
Menemukan keterangan secara cpat dan tepat dengan membaca memindai menu makanan.
Siswa diminta menjelaskan menu makanan dalam beberapa paragraf
Membacakan penjelasan menu makanan.

Menulis:
Membaca contoh laporan pengamatan.
Menjawab pertanyaan bacaan.
Menuliskan kembali laporan pengamatan ”Membuat Susu Kedelai” dalam beberapa paragraf.

Mendengarkan DALAM PEMETAAN BAGIAN MEMBACA:
Mendengarkan cerita “Abu Nawas” yang dibacakan teman.
Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan.
Menceritakan kembali cerita yang didengarkan secara tertulis
Menanggapi cerita yang didengarkan


V. Indikator
Membaca:
Siswa mampu menyebutkan menu dari daftar menu yang disediakan.
Siswa mampu menjelaskan daftar menu secara lisan.

MATERI DALAM SASEBI MENDENGARKAN, TETAPI DALAM PEMETAAN MEMBACA.
Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang didengarkan.
Siswa mampu menceritakan kembali secara tertulis bacaan yang didengarkan.

Menulis:
Siswa mampu menyusun daftar pengamatan/wawancara untuk rencana pengamatan/kunjungan secara kelompok.
Siswa mampu membuat laporan kunjungan/ pengamatan secara kelompok.

VI. Penilaian
tertulis
kinerja
penilaian produk

VII. Alokasi Waktu
o 10 X 35 menit

VIII. Sumber Belajar
Buku “Saya Senang Berbahasa Indonesia” Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 173-180.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II

Nama sekolah : SD ................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 10 × 35 (5 × pertemuan)




I. Tema : Ngingu Pitik

II. Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan.
2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.
3. Membaca
Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf Jawa.
4. Menulis
Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa Jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa.
5. Apresiasi sastra
Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

III. Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.1 Mendengarkan dan memahami isi bacaan
Indikator:
• Membuat pertanyaan bacaan
• Menentukan kalimat-kalimat pokok dalam bacaan

Berbicara
2.1 Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa
Indikator:
• Menggunakan bahasa dalam percakapan
• Menggunakan bahasa kromo inggil

Membaca
3.1 Membaca bersuara
Indikator:
• Membaca teks pidato dengan penjiwaan dan ekspresi yang sesuai
• Menjelaskan isi pidato

Menulis:
4.1 Menulis kalimat
Indikator:
• Menulis kalimat (ukara panyandra)
• Menulis huruf Jawa










Apresiasi sastra
5.1 Mengapresiasi cerita bahasa Jawa
Indikator:
• Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita
• Memerankan tokoh dalam cerita

IV. Kegiaan Pembelajaran:
Pertemuan pertama:
1. Siswa mendengarkan bacaan “Ngingu Pitik”
2. Siswa membuat pertanyaan dari bacaan yang didengar
3. Siswa menceritakan kembali pokok-pokok kalimat utama

Pertemuan kedua:
1. Siswa membaca dialog (percakapan)
2. Siswa mengubah kalimat biasa (ngoko) menjadi kromo inggil
3. Siswa menceritakan pengalaman sendiri di depan kelas

Pertemuan ketiga
1. Siswa membaca teks pidato dengan penuh penjiwaan dan ekspresi
2. Siswa menjelaskan isi pidato
3. Siswa berpidato tanpa teks dari teks yang dibacanya

Pertemuan keempat:
1. Siswa menulis ukara panyandra seperti contoh
2. Siswa menulis huruf Jawa menggunakan ater-ater anuswara

Pertemuan kelima:
1. Siswa mendengarkan cerita anak yang dibacakan salah satu teman
2. Siswa menyebutkan nama tokoh dalam cerita
3. Siswa memerankan tokoh sesuai dengan watak dan karakter

V. Alat dan Sumber Bahan
1. Buku ”Ngleluri Basa Jawa kelas 5” Penerbit Aksara Multi Sarana Surabaya.

VI. Penilaian
Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik miliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran.
Untuk itu dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut:


Latihan

A. Wenehana tandha ping (x) ing aksara a, b, c, utawa d minangka wangsulan sing bener !

1. Pak Surya duwe pitik akeh. Tembung duwe krama lugune . . . . .
a. Kagungan b. Gadhah c. Ngrumat d. Ngingu

2. Mantuk saking sekolahan kula dhahar. Tembung dhahar benere . . . . .
a. Macan b. Mangan c. Nedha d. Ngunjuk

3. Yak apa sih pena iku ! iku basa dhialek . . . . .
a. Banyuwangi b. Surabaya c. Madiun d. Malang








4. Bocah iku mripate blalak-blalak, alise . . . . .
a. Nanggal sepisan c. Tumengeng tawang
b. ngudhup tari d. Ngudhup mlati

5. Ibu mbuntel jajan. Tembung mbuntel yen ditulis Jawa . . . . .
a. c.
b. d.



B. Isenana nganggo wangsulan sing bener !

1. Lambene manggis karengat, pipine . . . . .

2. Ibu nggoreng krupuk. Krupuk yen ditulis Jawa . . . . .

3. Kula badhe matur bapak. Matur ngoko lugune . . . . .

4. Pak Wiji lara tipes. Lara krama aluse . . . . .


C. Garapen manut prentahe !

1. Pitike ngendhog akeh. Kepriye basa kramane ?

2. Apa sing ditindakake sadurunge menehi sambutan ?



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN III

Nama sekolah : SD ...............
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 10 × 35 (5 × pertemuan)


I. Tema : Transmigrasi

II. Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan
2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu
3. Membaca
Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf Jawa
4. Menulis
Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa Jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa
5. Apresiasi sastra
Mampu mengapresiasi sastra Jawa

III. Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.1 Mendengarkan pembacaan teks
Indikator:
• Mendengarkan teks bacaan yang dibaca temannya
• Menceritakan bacaan yang didengar dengan bahasa sendiri
• Menulis dengan ringkas isi bacaan

Berbicara
2.1 Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa
Indikator:
• Menggunakan dialog (percakapan) dengan jelas dan lancar sesuai dengan karakter tokoh
• Memerankan tokoh sesuai karakternya

Membaca
3.1 Membaca indah
Indikator:
• Membaca geguritan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
• Menyimpulkan isi geguritan

Menulis:
4.1 Menulis karangan
Indikator:
• Mengarang berdasarkan gambar seri
• Menulis kalimat dengan menggunakan kata yang bersisipan


Apresiasi sastra
5.1 Mengapresiasi cerita (dongeng) bahasa Jawa
Indikator:
• Menceritakan watak tokoh dalam wayang

IV. Kegiaan Pembelajaran:
Pertemuan pertama:
1. Siswa mendengarkan bacaan “Transmigrasi”
2. Siswa menceritakan kembali bacaan dengan bahasa sendiri
3. Siswa menulis dengan ringkas bacaan tersebut

Pertemuan kedua:
1. Siswa membaca dialog (percakapan)
2. Siswa mengubah kalimat biasa (ngoko) menjadi kromo inggil
3. Siswa menceritakan pengalaman sendiri di depan kelas

Pertemuan ketiga
1. Siswa membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang indah
2. Menilai teman dalam membaca geguritan
3. Menentukan pembaca terbaik
4. Menyimpulkan isi geguritan

Pertemuan keempat:
1. Siswa mengamati gambar seri
2. Siswa menulis karangan berdasarkan gambar seri yang diamatidengan menggunakan basa ngoko

Pertemuan kelima:
1. Siswa membaca cerita wayang
2. Menceritakan watak tokoh dalam cerita wayang tersebut
3. Menceritakan kembali nasehat yang terdapat dalam cerita tersebut

V. Alat dan Sumber Bahan
1. Buku ”Ngleluri Basa Jawa kelas 5” Penerbit Aksara Multi Sarana Surabaya.

VI. Penilaian
Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik miliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran.
Untuk itu dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut:


Latihan

A. Wenehana tandha ping (x) ing aksara a, b, c, utawa d minangka wangsulan sing bener !x

1. He, aja rame-rame. Bapak lagi turu ! Turu benere . . . . . . . . . . .. . . .
a. bubuk b. tilem c. sare d. lesehan

2. Tembung sing nganggo seselan in, yaiku . . . . . . . . . . .
a. tinulis b. kintun c. rintangan d. pinter

3. Yen ditulis latin . . . . .

a.tuku puthu b.tumbas puthu c.anak putu d. Mangan puthu


4. Tembung sing nganggo seselan um , umpama . . . . .
a.kumpulan b. tumpukan c.sumbangan d. gumantung

5. Kula badhe mundhut buku. Tembung mundhut benere . . . . .
a. tuku b. tumbas c. njupuk d. nyuwun


B. Isenana nganggo wangsulan sing bener !

1. Aku krungu swara banyu gumrojog .Gumrojog asale saka tembung lingga . . . .

2. Nakula-Sadewa iku sadulur kinasih . Kinasih asale saka tembung lingga . . . . .

3. Pur, Bapak apa wis diaturi unjukan ? Ukara iku nganggo basa . . . . . . .

4. Dadi bocah kudu trampil . Trampil yen ditulis Jawa . . . . . . . .

5. Nyuwun sewu kula badhe nyuwun pirsa . Nyuwun pirsa ngoko lugune . . . . . .


C. Garapen manut prentahe !

1. Sampun dipun galih terus. Kepriye basa ngoko lugune ?

2. Gawea ukara nganggo tembung ginanjar !

3. Dhek wingi Dirman lunga. Tulisen nganggo aksara Jawa !

4. Gawea ukara nganggo tembung sumebar !

5. Tulisan nganggo aksara Latin !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar